Selasa, 29 Januari 2013

Pengertian tri guna dan dasa mala

Ditulis oleh BayokArnawan di 05.14.00 ,

Tri guna

1. Pengertian
Tri guna merupakan tiga macam elemen atau nilai-nilai yang ada hubungannya dengan karakter dari mahluk hidup khususnya manusia. Tri guna adalah tiga macam sifat manusia yang mempengatuhi kehidupan manusia. Tri guna itu terdapat pada setiap orang hanya saja ukurannya berbeda-beda. Tri guna adalah bagian dari prakerti dan apabila prakerti dan purusa bertemu maka tri guna akan mulai beraktivitas dan ketiga dari unsur-unsur tri guna tersebut berkeinginan saling menguasai satu dengan yang lain.

Manusia di dalam bertingkah laku sangat dipengaruhi oleh tiga sifat yang disebut tri guna, yang terdiri dari :
a. Satwam/satwa adalah sifat tenang
b. Rajas/rajah adalah sifat dinamis
c. Tamas/tamah adalah sifat lamban

2. Pengaruh tri guna terhadap kepribadian manusia.
Tri guna ini merupakan tiga sifat yang mempengaruhi kehidupan manusia, sehingga dapat kita lihat di dunia ini ada bermacam-macam kecenderungan sifat manusia. Ada orang yang berpenampilan lemah lembut selalu ramah, dan menyenagkan bagi yang melihat. Namun ada juga orang yang rajin, kreatif serta energik dalam kehidupannya. Selain hal tersebuat di atas tidak jarang juga kita melihat ada orang yang penampilannya awut-awutan, tidak terurus serta pemalas. Semua penampilan tersebut disebabkan oleh adanya pengaruh dari bagian-bagian tri guna tidak seimbang. Namun sebaliknya jika ketiga sifat ini terjalin harmonis maka seseorang akan dapat mengendalikan pikirannya dengan baik.

Dasa mala

Dasa mala merupakan sumber dari kedursilaan, yaitu bentuk perbuatan yang bertentangan dengan susila, yang cenderung kepada kejahatan. Semua perbuatan yang bertentangan dengan susila hendaknya kita hindari dalam hidup ini agar terhindar dari penderitaan. Adapun pembagian dari dasa mala tersebuat adalah sebagai berikut:
1.tandri
2.kleda
3.leja
4.kutila
5.kuhaka
6.metraya
7.megata
8.ragastri
9.bhaksa bhuana
10.kimburu

Back Top

0 komentar:

Poskan Komentar